Monday, August 23, 2010

Positif dan Negatif Kencan Online

 Dahulu mungkin Anda pernah mengalami masa muda dan kesulitan mendapatkan teman kencan, apalagi bagi Anda yang memiliki sifat pemalu. Untuk berkenalan dengan lawan jenis pun tampak mengerikan bagi Anda, apalagi untuk mengajak kencan. Namun seiring dengan majunya teknologi informasi, terutama internet, hal tersebut sepertinya tidak menjadi masalah besar lagi.


      Saat ini kencan online menjadi sangat populer. Kemajuan teknologilah yang membuat hal ini menjadi lebih mudah dan murah, sehingga menjadi solusi banyak orang untuk mencari pasangan. Alasannya, kencan online dapat membuat mereka bertemu dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda-beda, serta sedikit mengetahui profilnya. Rasa penasaran inilah yang membuat mereka tertantang dan ingin mengenal lagi lebih jauh orang yang baru dikenalnya tersebut.


      Namun hati-hati, tidak semua orang jujur dalam menampilkan profilnya di internet. Bagi Anda yang memutuskan ingin mencoba mencari pasangan lewat kencan online, ada baiknya mempertimbangkan sisi positif dan negatifnya berikut ini.


Sisi Positif
  • Proses pembentukan hubungan yang bergerak lebih lambat daripada kencan konvensional kadang membuat orang lebih menyukai kencan online. Dengan begitu, mereka dapat berkomunikasi mengenai bermacam-macam topik dan mengetahui sedikit demi sedikit kesukaan, ketidaksukaan, hobi teman kencan Anda, serta topik-topik lain yang bisa membuat Anda memutuskan untuk melanjutkan hubungan atau menghentikannya sebelum terlalu jauh.
  • Bagi Anda yang memiliki masalah harga diri seperti pemalu atau selalu gugup saat bertemu lawan jenis, kencan online mungkin sangat membantu karena dapat menutupi kelemahan tersebut sambil membangun hubungan dengan teman kencan Anda. Dari situ, Anda juga dapat merasakan ada atau tidaknya hubungan emosional sebelum meningkat menjadi daya tarik fisik.
  • Anda tidak perlu membuang waktu maupun biaya untuk berdandan sebelum melakukan kencan online. Kencan online pun dapat dilakukan di situs-situs yang menyediakan calon pasangan secara gratis, sehingga tidak perlu keluar dana untuk mentraktir makan atau minum seperti pada kencan konvensional.



Sisi Negatif
  • Teman kencan Anda mungkin saja berbohong mengenai profil yang dipublikasikannya di situs kencan online. Bisa saja orang tersebut mengaku bujangan padahal telah memiliki dua orang anak, atau mengaku berumur 25 padahal 41, atau mungkin juga memalsukan foto aslinya dengan memasang foto orang lain agar lawan jenis lebih tertarik padanya.
  • Masalah lain dengan kencan online adalah kenyataan bahwa banyak orang yang tidak mengungkapkan hal-hal tentang diri mereka sendiri yang mereka pikir akan membuat teman kencannya tetap bertahan dengannya. Banyak orang yang tidak jujur tentang sejarah seksual atau stabilitas keuangannya, karena jika itu mereka paparkan mungkin akan membuat teman kencannya lari menjauh.
  • Berhati-hati dalam membagi informasi apapun kepada teman kencan Anda, terutama informasi pribadi seperti nomor handphone, alamat, sekolah atau tempat kuliah, dan lain-lain, sebelum benar-benar percaya pada teman kencan Anda tersebut. Jika tidak berhati-hati, bukan tidak mungkin kejahatan seperti penipuan, perampokan, bahkan penculikan bisa terjadi pada Anda.

Maka dari itu, akan lebih baik bagi diri Anda belajar untuk tidak terlalu percaya atau mudah tertipu oleh orang lain, terutama yang baru dikenal. Dunia maya adalah sebuah tempat yang beresiko, jadi berhati-hatilah saat melakukan kencan online. Namun jika Anda bertemu dengan orang yang tepat, bukan tidak mungkin teman kencan online Anda tersebut bisa menjadi pasangan hidup bagi Anda seumur hidup.


sumber : http://www.melindahospital.com