Wednesday, August 25, 2010

Hemat Makan Siang Di Kantor



Tak ada hal lain yang lebih menjengkelkan dibandingkan dengan kehabisan uang sebelum hari gajian tiba. Akibatnya, Anda cuma bisa gigit jari sambil meratapi nasib. Tapi, kini ada beberapa cara untuk berhemat!
Tibanya waktu makan siang pasti ditunggu setiap karyawan. Jika jam di dinding sudah menunjukkan saatnya makan siang, Anda bisa "melemparkan" segala berkas-berkas di meja kerja, dan berlari keluar kantor bersama teman-teman. Selanjutnya, Anda tinggal membuka buku menu di restoran depan kantor, memilih makanan, lalu sibuk mengobrol dan tertawa dengan teman-teman, saat membahas berbagai topik dan gosip yang seru.
Namun, tawa Anda takkan berlangsung lama. Anda langsung histeris saat pelayan resto menyodorkan bon tagihan ke meja makan Anda. Meski hati tidak rela, Anda tetap harus membuka dompet, bukan? Menyesal kemudian tentu tak ada gunanya. Ambil langkah tepat untuk mengatasi situasi seperti ini. Coba intip tips berikut ini!
1. Simpan selalu uang receh yang Anda miliki, misalnya dari uang kembalian dari makan siang di kantin, naik angkot, atau membeli camilan.
2. Sediakan celengan di meja kantor Anda. Pilih yang berukuran cukup besar. Anda bisa pilih celengan yang mudah dibuka tanpa harus dipecah atau dirusak. Celengan ini bisa dijadikan tempat menampung uang receh Anda selama jangka waktu tertentu.
3. Sediakan juga celengan di rumah. Pilih celengan yang bisa dikunci untuk mencegah seringnya pengambilan uang yang Anda simpan. Ajak anggota keluarga Anda untuk mau bekerjasama menyisihkan uang receh ke dalam celengan.
4. Jangan terlalu lama menyimpan uang receh di celengan. Mungkin Anda bisa mulai berpikir untuk membuka tabungan khusus untuk uang receh Anda, setiap celengannya penuh.
5. Jika membutuhkannya, Anda bisa menggunakan uang receh tabuangan Anda. Sisakan uang receh Anda di celengan, hingga celengannya penuh lagi.
Dengan menyisihkan uang-uang receh yang Anda miliki, bukan berarti Anda harus jadi pelit. Yang terpenting, jangan sekali-kali meremehkan hal-hal kecil, termasuk uang kecil. Selamat menabung!

sumber : tabloid Nova